Selamat Datang di
Website Himpunan Keluarga Maula Aidid

selamat datang di website himpunan keluarga maula aidid

Al-Imam Muhammad Maula Aidid mendirikan rumah dan masjid kecil di lembah Aidid. Tidaklah orang-orang datang ke lembah tersebut kecuali untuk melaksanakan shalat jum’at atau berziarah kepada para Ahli Khair dan para Sholihin.

Suatu Ketika Al-Imam ditanya oleh beberapa orang : “Wahai Imam mengapa engkau mendirikan sebuah masjid yang juga dipakai untuk shalat jum’at sedangkan dilembah ini tidak ada penghuninya”.. Lalu beliau menjawab :” Nanti akan datang suatu zaman yang mana di zaman tersebut banyak sekali ummat yang datang kelembah ini dan bertabaruk “.

Profil Himpunan Keluarga Maula Aidid

Assalam mualaikum Wr. Wb.

          Alhamdulillah, kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT. Serta Sholawat dan Salam kita sampaikan kepada junjungan Nabi besar Kita Nabi Muhammad SAW., Rasul pilihan, yang menjadi teladan kita semua. Begitu juga semoga kesejahteraan terlimpah kepada keluarga dan seluruh sahabatnya

          Tanggal 14 Desember 2003 di rumah Assayyid Taufik bin Zein Aidid, Jl. Al-Baidho I No.66, Lubang Buaya, Jakarta Timur setelah selesai acara Haul Al-Habib Zein bin Ali bin Abdurrahman Aidid diadakan pertemuan yang dihadiri oleh kurang lebih 38 orang keluarga Aidid dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, Solo dan Surabaya. Dari hasil musyawarah dan kesepakatan bersama dalam pertemuan tersebut terbentuk satu perkumpulan dinamakan Himpunan Keluarga Maula Aidid ( Jami'atu Aal Maula Aidid ) disingkat dengan nama " HIKMAD ", terpilih sebagai pengurus sementara adalah Alwi bin Husein Aidid ( Ketua ), Taufik bin Zein Aidid ( Sekretaris ), Fihir bin Abubakar Aidid ( Bendahara ), Al-Habib Ahmad bin Hamid Aidid dan Muhammad bin Abdullah Aidid sebagai Penasehat. Perkumpulan ini menggunakan nama Maula Aidid karena disesuaikan dengan garis keturunan dari Waliyullah Al-Imam Muhammad bin Ali Maula Aidid, lahir di kota Tarim, Hadhramaut sekitar tahun 754 H.

          Tanggal 29 Februari 2004 diadakan pertemuan lanjutan di Musholla Nurul Hikmah, Jl. Tebet Barat
Dalam IIB/13, Jakarta Selatan depan rumah Alwi bin Husein Aidid dengan acara pembentukan pengurus lengkap, membuat Anggaran Dasar/ART/tata Kerja dan menentukan tempat pusat kegiatan serta sekretariat. Tanggal 18 April 2004 mulai mengadakan kegiatan Majelis diselenggarakan setiap dua bulan sekali mengambil tempat di Musholla Nurul Hikmah sebagai tempat pusat kegiatan dengan acara pembacaan tahlil, maulid, pembacaan kitab, tausiyah dilanjutkan shalat Ashar berjama'ah dan silaturahmi. Acara ini berlangsung sampai saat ini.

          Alhamdulillah, Himpunan Keluarga Maula Aidid mendapat dukungan dan sambutan yang baik dari keluarga Alawiyyin, sehingga setiap penyelenggaraan majelis dihadiri bukan saja dari kalangan Aidid tapi juga dari kalangan Alawiyyin lainnya, mereka bertemu, berkumpul, bersilaturahmi sehingga mengikat tali kekeluargaan dan mengenal satu sama lainnya. Akhirnya atas kesepakatan bersama pada tanggal 1 Januari 2007 dibentuk kepengurusan baru. Dalam kepengurusan baru ini terdapat nama-nama dari kalangan Alawiyyin lainnya ( Lihat Susunan Pengurus dalam Web Ini )

          Himpunan Keluarga Maula Aidid didirikan bukan untuk memisahkan dari dari Alawiyyin lainnya tapi untuk mengikat tali silaturahmi secara kekeluargaan baik dari keluarga Aidid maupun dari keluarga Alawiyyin lainnya. Perkumpulan ini bukan saja milik keluarga Aidid tapi juga milik seluruh Alawiyyin sehingga majelis yang diselenggarakan setiap dua bulan sekali ini dinamakan " Majelis Silaturahmi Keluarga Alawiyyin "


          Demikian sekilas tentang berdirinya Himpunan Keluarga Maula Aidid ( HIKMAD ).

Wassalam,

Alwi Husein Aidid


Pengurus Himpunan Keluarga Maula Aidid berfoto bersama
[klik foto untuk perbesar]